Sabtu, 22 Desember 2007

Harapan Masyarakat IT tentang TI/SI Nasional

Penggunaan teknologi dalam kehidupan masyarakat sudah menjadi program global dalam rangka mengembangkan masyarakat berbasis pengetahuan. Dalam bidang ekonomi, penggunaan pengetahuan telah menjadi basis dalam produksi dan distribusi sehingga menjadi penggerak utama peningkatan kesejahteraan dan penempatan tenaga kerja untuk seluruh industri. Sumberdaya produksi tidak saja 4M (man, money, material, dan machine) tetapi kini ditambah dengan informasi.

Ketidakikutsertaan dalam program ini atau kelambatan masyarakat dalam mengadopsi teknologi berarti secara terpaksa menempatkan Indonesia dalam suatu lingkaran isolasi dari percaturan dunia dalam berbagai bidang.

Dalam konteks Indonesia , teknologi mempunyai tiga peranan pokok yaitu, Pertama, merupakan instrumen dalam mengoptimalkan proses pembangunan yaitu dengan memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat. Kedua, produk dan jasa teknologi merupakan komoditas yang mampu memberikan peningkatan pendapatan baik bagi perorangan, dunia usaha dan bahkan negara dalam bentuk devisa hasil eksport jasa dan produk industri teknologi. Ketiga, teknologi bisa menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa, melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area seluruh wilayah nusantara. Semoga harapan ini dapat menjadi gambaran tentang TI/SI nasional.

Tidak ada komentar: